Sabtu, 16 Februari 2013

The Dark Knight (Batman)[Sumber : Google Image]
Bruce sendiri merupakan pribadi yang menarik, tampan, sangat iba terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kemanusian. Bruce sendiri sangat terkenal di kota Gotham. Sepak terjangnya di dunia bisnis kota Gotham sudah tidak diragukan lagi, hal ini pula menobatkan dia sebagai salah satu milyader kota Gotham, meski dia memperoleh dari warisan keluarganya.
Batman sendiri dalam aksinya dibantu oleh Robin dan Catwoman. Pertemuan batman dengan mereka punya ceritanya masing-masing. Catwoman sendiri dianggap sebagai pasangan dari sang Batman.
Kisah menarik dari sang super hero kegelapan malan ini juga dibuat versi hollywood nya. Film yang terkenal adalah trilogi karya Sutradara Christoper Nolan. Pertama adalah Batman Begins (2005), kedua The Dark Knight (2008) dan ketiga yang terakhir The Dark Knight Rises (2012).
Kedua tokoh di atas mempunyai banyak kesamaan. Meski begitu ada juga perbedaannya, meski menurut saya tidak banyak. Justru yang sama dari kedua tokoh inilah yang membuat saya mencoba membuat postingan ini.
Kesamaannya, pertama, Tony Stark dan Bruce Wayne adalah super hero dari seorang manusia biasa dan mereka berdua adalah seorang yatim piatu dan pewaris tahta kekayaan keluarga. Kedua, yang membantu mereka disetiap misinya adalah kemampuan finansial. Mereka berdua terkenal sebagai milyader di kotanya masing-masing. Mereka memanfaatkan kemampuan finansialnya untuk menciptakan penemuan-penemuan baru berteknologi tinggi untuk membantu misi mereka. Mereka mempunyai ajudan, alias pembantu yang setia menemani. Tony Stark selalu ditemani pasangannya yang juga sekertarisnya dan sebuah komputer cerdas. Dan Bruce Wayne selalu dibantu oleh Alfred dan Fox, yang selalu membantu menyiapkan segala sesuatu saat Bruce menjalankan misinya. Ketiga, mereka punya ketergantungan yang sama pada markas utama, karena di sanalah sumber segala peralatannya. Keempat, mereka berdua merupakan pribadi yang menarik dan disegani setiap orang di kotanya.
Perbedaan dari kedua tokoh super hero ini, pertama yang saya lihat adalah soal jalan hidup kisah percintaannya. Bruce Wayne punya kisah cinta yang lebih rumit, berbeda dengan Tony Stark yang punya pasangan setia dan sekaligus menjadi asistennya dalam membantu Tony disetiap misinya. Kedua adalah mengenai keterbukaan identitas diri dari sang super hero. Tony Stark secara terbuka membiarkan orang-orang tahu bahwa dirinya adalah Iron Man. Berbeda dengan Bruce Wayne, yang menyembunyikan identitasnya sebagai seorang Batman. Bagi Bruce Wayne penyembunyian identitas dirinya dengan maksud melindungi orang-orang yang disayanginya. Karena apa yang dihadapi seorang super hero adalah hal-hal yang berkaitan dengan sesuatu yang berbahaya.
Iron Man dan Batman, Tony Stark dan Bruce Wayne. Tokoh super hero yang menarik untuk diikuti jalan ceritanya, baik di serial kartun komik atau di serial film hollywood. Meskipun kedua super hero ini tidak mempunyai kekuatan super alami dari dalam dirinya, namun kemampuannya untuk membasmi kejahatan bisa diacungi jempol. Mereka akan tetap menjadi super hero dan pantas untuk bersanding dengan super hero lainnya.
Informasi yang coba saya sampaikan di sini hanya secuil dari profil masing-masing tokoh. Masih banyak kisah dan profil unik dari Tony atau Bruce, karena mereka punya jalan ceritanya masing-masing. Memang ada beberapa serial yang menggabungkan beberapa super hero ke dalam satu cerita. Iron Man dan Batman berada di kelompok yang terpisah. Iron Man sendiri tergabung dalam The Avenger dan Batman tergabung dalam Justice League. Meski mereka tergabung dalam kelompok berbeda, tujuan mereka adalah sama, yakni membasmi kejahatan dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar