Sabtu, 16 Februari 2013


Courtesy of Warner Bros
Batman memang kompleks. Dalam dunia yang Nolan ciptakan sejak Batman Begins, ia adalah sosok yang kuat, cerdik, dan tangguh. Namun, ia juga adalah Bruce Wayne yang rapuh. Sosoknya dianggap pahlawan, sekaligus musuh bagi sebagian orang. Ia sosok yang memberikan cinta dan perlindungan terhadap kotanya, namun ia juga dijauhkan dari cinta.
Nolan menghadirkan kisah awal Batman/Bruce Wayne di Batman Begins secara magis, sekaligus realistis. Nolan kemudian membawa Batman ke tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dalam The Dark Knight, di mana ia menemui musuh abadinya Joker (mendiang Heath Ledger),yang membuat ia kehilangan sosok yang dicintainya.
Dalam dua film pertamanya, Nolan menyajikan Batman dalam perspektif yang relatif "keluar" dari komiknya. Dan di film terakhir dari trilogi Nolan, The Dark Knight Rises, Nolan menyajikan sebuah cerita tentang Batman yang menampilkan banyak elemen-elemen dari komiknya. Ya, di film ini Nolan banyak menyuguhkan adegan-adegan ikonik dari komik yang akan memuaskan para penggemar DC Comic.
Inilah yang membuat The Dark Knight Rises menjadi penutup epik dari sebuah trilogi interpretasi komik yang pernah dibuat.
The Dark Knight Rises adalah film yang epik, persuasif, sekaligus menghipnotis, baik untuk pecinta komiknya ataupun untuk yang tidak mengikuti komiknya.
The Dark Knight Rises dirilis setelah 4 tahun sejak The Dark Knight. Akan tetapi dalam filmnya, ini berarti delapan tahun sejak kejadian dalam The Dark Knight.
Gotham menjadi kota yang aman di film ini, berkat berhasil ditangkapnya ribuan kriminal oleh mendiang Jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart). Harvey Dent menjadi legenda dan pahlawan bagi penduduk Gotham. Kematiannya pun diperingati oleh seluruh penduduk Gotham.
Di satu sisi legenda tersebut dibangun atas sebuah kebohongan dari fakta yang sebenarnya. Fakta bahwa di akhir hidupnya, Harvey Dent berubah menjadi sosok kriminal, sesuatu yang sempat ditentangnya. Komisioner Gordon (Gary Oldman) yang sempat menjadi korban kejahatan Dent, juga menutupi hal ini. Hal ini disebabkan Gotham butuh simbol kepahlawanan dan pemersatu, sebuah faktor yang dimiliki oleh Dent berkat rekam jejak karirnya yang diekspos media.
Di satu sisi pahlawan sebenarnya, Batman/ Bruce Wayne (Christian Bale), dituding sebagai biang kematian Harvey Dent. Dia pun kemudian menghilang tanpa jejak selama delapan tahun dengan meninggalkan banyak pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar